FashionLakukan 7 Langkah Mudah Merawat Print Kain Ini

Lakukan 7 Langkah Mudah Merawat Print Kain Ini

Baju maupun kain dengan pengerjaan yang unik menjadi pilihan banyak orang. Selain memiliki nilai lebih, juga hasilnya selalu memukau. Print kain masih menjadi idola para kaum muda dalam berbagai acara. Namun, merawat kain yang benar akan membuatnya tahan lama. Berikut langkah mudah untuk merawat kain printing.

Print Kain

  1. Pakailah Shampo Saja

Agar print kain tidak cepat rusak, Anda bisa mencucinya dengan menggunakan shampo. Caranya sangat mudah, masukkan shampo ke dalam air hingga tidak ada lagi shampo yang menggumpal. Kemudian rendam kain selama 10 hingga 15 menit saja. Selanjutnya Anda bisa kucek perlahan kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih.

  1. Hindari Penggunaan Mesin Cuci

Sebaiknya Anda hanya mencuci menggunakan tangan agar kain tidak cepat rusak. Setelah proses perendaman, jangan gunakan mesin cuci. Kucek saja menggunakan tangan secara perlahan, hindari memeras kain terlalu keras.

Jika pada kain terdapat noda makanan, maka bisa dihilangkan menggunakan kulit jeruk. Usapkan kulit jeruk beberapa kali pada noda kain, kemudian bilas dengan air bersih. Jangan menggunakan pemutih agar motif printing tidak rusak.

  1. Jemur secara Terbalik

Teknik menjemur kain yang benar yaitu dengan terbalik. Bagian dalam yang terkena sinar matahari. Teknik ini tidak hanya untuk kain printing tetapi juga untuk semua jenis kain agar serat kain tidak cepat rapuh dan warna tidak pudar.

  1. Melapisi Kain Print sebelum Pewangi

Zat kimia dalam pewangi bisa merusak kain. Oleh karenanya, penting untuk tidak menyemprotkan pewangi pakaian secara langsung. Anda bisa menggunakan kain putih sebagai perantara zat kimia pewangi merusak ke kain printing.

  1. Melapisi Kain Saat Disetrika

Setelah diberi pelembut dan.pewangi, kain harus disetrika agar tidak kusut. Anda bisa menyetrika kain dengan melapisi dengan kain putih terlebih dulu. Fungsinya untuk menghindari panas dari setrika. Jika langsung terkena permukaan setrika, maka motif print bisa menempel di setrika dan rusak.

  1. Simpan dengan Merica

Jangan menyimpan kain printing sembarangan. Beberapa jasa print kain memang tidak memberitahu cara menyimpan kain yang benar. Namun, Anda harus tahu terlebih dulu. Simpan kain print dengan sedikit merica. Masukkan merica di dalam tisu kemudian lipat dan letakkan di dekat kain printing tersebut. Jangan menggunakan kapur barus.

  1. Jangan Pakai Parfum

Anda mungkin suka dengan kain maupun pakaian yang punya aroma enak. Oleh karena itu, Anda memakai parfum banyak. Namun penggunaan parfum tidak dianjurkan untuk kain printing. Karena hal ini bisa membuat kain cepat rusak. Kandungan kimia pada pewangi juga bisa memudarkan warna kain.

Kain print akan menjadi lebih awet jika dilakukan perawatan yang benar. Jasa print kain fullprint.id bisa menjadi solusi Anda dalam memilih kain print terbaik. Selain itu, penggunaan mesin yang sudah canggih menghasilkan kualitas kain yang bagus.

Categories: Fashion Tags:

Comments

No Comments Yet. Be the first?

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *